There’s Something Between Us


TSBU-sm

Merinding semerinding-merindingnya. Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah.

Akhirnya, anak pertamaku tersayang, There’s Something Between Us, berhasil duduk manis di salah satu rak berlabel Novel Pilihan di Gramedia Plaza Ambarrukmo. Akhirnya, impianku sejak kelas 6 SD akhirnya tercapai hari ini, bisa kirim foto ke grup WhatsApp keluarga dan bilang, “Bapak, Ibu, novel anakmu sudah terbit di toko buku.” yang diteruskan ucapan syukur tak berkesudahan dari Bapak dan Ibu. Bapak bahkan langsung berangkat ke Gramedia untuk membuktikan sendiri kalau TSBU bener-bener sudah ada di sana :’)

Kalau bicara soal sejarahnya, There’s Something Between Us ini sebenarnya bermula dari cerita berseri yang diposting di blog ini (yang dulunya moonlightshines.wordpress.com) mulai tahun 2009, tapi nggak pernah selesai…. sampai tahun lalu. Itulah kenapa aku pernah nulis di salah satu tweet, bahwa prestasi penulis itu harusnya nggak semata-mata diukur dari laris atau nggak karyanya, tapi juga dari kemampuan untuk menyelesaikan karya itu sendiri. Karena yang namanya menyelesaikan karya itu jauh lebih susah daripada dipaksa bangun super pagi di hari libur nasional. Untuk menyelesaikan TSBU ini, aku harus didorong-dorong setengah mati sama Ibu dan susah payah mengumpulkan niat. Bahkan saking lamanya nggak menyentuh naskah, aku juga sempat lupa sama nama tokohku sendiri :D

Dan ketika akhirnya berhasil selesai, aku memutuskan untuk desain cover sendiri dan mulai self-publishing di nulisbuku.com. Cuma bertahan beberapa bulan aja di nulisbuku, karena di suatu siang yang terik, tiba-tiba aku dikontak sama Penerbit Matahari yang katanya tertarik untuk menerbitkan TSBU. Menerbitkan beneran, bukan print on demand, dan bukunya akan ada beneran di toko buku. Siapa yang nggak mau? Yang jelas bukan aku. Hehe.

Selama prosesnya, teman-teman dari Penerbit Matahari sangat helpful dan sabar luar biasa membantu dan menjawab pertanyaanku tentang urusan penerbitan ini yang nggak habis-habis, sampai akhirnya kontrak berhasil ditandatangani kedua belah pihak dengan selamat. Nggak sampai sebulan kemudian, anak manisku ini pun mulai dibuatkan cover baru, melalui proses proofreading dan cetak yang kilat, sampai akhirnya bisa juga nongkrong cantik di toko buku seluruh Indonesia. Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah. Semoga bisa jadi berkah :)

Ah, ya. Karena di buku versi cetaknya nggak sempat ada halaman terima kasih, maka ucapan terima kasih secara layaknya kusampaikan di sini aja ya! :D

 

Terima Kasih

Allah SWT, tak habis-habis syukurku atas kesempatan yang luar biasa ini. Untuk keluargaku, Ibu, yang mendorongku membuka kembali file yang sudah 3 tahun mengendap dan nyaris jadi sampah digital di laptop, sampai akhirnya bisa selesai dalam waktu kurang dari satu bulan. Dan Wiga, atas kesabaran dan supportnya.

Para proofreader: Mba Arfi, Mba Arni, Mba Pini, terima kasih banyak bantuan koreksinya. Tim penyemangat via Twitter, Facebook, dan para pembaca lama di moonlightshines.wordpress.com yang tanpa sadar sudah jadi mood booster yang luar biasa, terima kasih banyak. Juga Tim Penerbit Matahari, yang banyak membantu meskipun belum pernah ketemu, terima kasih banyak atas kesempatannya.

Untuk semua aktris, aktor, musisi, dan siapapun yang membantu menghidupkan Kim Sung-Ki, Cho Ha-Ra, dan seluruh karakter dalam cerita ini. Wish they always live a happy life, dan terus bisa menginspirasi jutaan orang lainnya.

Seluruh penyanyi dan komposer yang sudah menciptakan nada-nada indah yang menemani proses penulisan cerita ini hingga akhir, terima kasih. Juga untuk teman-teman dari innercharm, jpopasia, whimsicalbeing, kpoplyrics, soompi, shineeshawols, dll, yang sudah menyediakan lirik, romanisasi dan terjemahan yang sangat memudahkan proses penggalian inspirasi.

Last but not least, untuk semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca novel ini: terima kasih, thank you, gamsahamnida, arigato gozaimasu, xie xie, merci, danke, gracias… Saran dan kritik ditunggu selalu.

Lots of love, Ayu Rianna

 

Note: TSBU bisa dibeli di toko buku terdekat seharga Rp 54.500, atau di toko buku online PengenBuku dan BukaBuku dengan diskon 15%. Sebelum memutuskan untuk beli, boleh lho intip teasernya dulu ;)

TEASER 1 | TEASER 2 | TEASER 3 | TEASER 4 | TEASER 5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s