[BABY] 4 & 5 Months


AmandaandMama13

Time surely flies! Rasanya baru kemarin Amanda lahir, tiba-tiba sekarang sudah genap 6 bulan. Rasanya kemarin dia cuma bisa tidur terlentang dan noleh kanan-kiri, tiba-tiba sudah belajar duduk dan mulai makan. Rasanya baru kemarin aku kebingungan dan stres berat mengurus bayi (dengan kondisi suami jauh, tanpa baby sitter dan ART yang menginap!), tiba-tiba sekarang sudah jauh lebih santai dan bisa mengurus keperluan Amanda sambil setengah tidur :))

Di bulan ke-4 dan 5 ini banyak sekali milestones yang sudah berhasil dicapai Amanda, yang sampai sekarang masih sering bikin aku takjub dan bangga. Bayi kecilku sekarang sudah besar!

Tengkurap, mengangkat kepala, belajar duduk
Amanda sudah mulai bisa tengkurap sendiri, mengangkat kepala, dan mencoba maju sebelum usianya genap 4 bulan. Tapi karena tubuhnya belum terlalu kuat, alhasil dia cuma berhasil ngesot ke mana-mana. Mundurnya lebih lancar daripada maju, kadang sampai nungging-nungging saking ngotot kepingin mencoba merangkak. Lewat usia 4 bulan, Amanda juga sudah mulai mengangkat kepala, bahu, dan tangan saat diposisikan terlentang. Ternyata itu sinyal minta didudukkan. Meski sampai sekarang belum terlalu stabil kalau dibiarkan duduk sendiri terlalu lama, tapi maunya udah duduuuk melulu. Kalau nggak duduk, ya tengkurap. Pokoknya posisi terlentang ala bayi kecil is a big no no! Alhasil mamanya udah kaya mau gulat sama sumo setiap kali mau gantiin baju atau diaper :))

Mengoceh, tertawa, ngambek
Nggak ada  suara yang lebih indah dari tawa dan ocehan bayi! Waktu pertama kali Amanda ketawa cekikikan, aku sukses dibuat mbrebes mili saking senangnya! Menginjak bulan ke-4 dan 5, Amanda makin sering mengoceh “aaa” dalam berbagai nada, “a-buuu”, “eyaaa”, “ngaaak”, “bababa”, dan yang terbaru dan bikin mamanya senang banget: “amaaaa” :)) Ketawanya juga makin sering. Jurus andalanku untuk bikin dia ketawa adalah cilukba, pura-pura kaget, pura-pura mau makan kakinya dan gelitikin bahunya.

Amanda juga makin pintar mengekspresikan perasaan lainnya. Misalnya, kalau nggak suka sama sesuatu/seseorang dia bakal melengos, mengomel atau jerit-jerit kesal. Bahkan marah dan ngambek sama mama juga udah bisa. Terutama kalau masih kepingin nonton Henry Hugglemonster tapi iPadnya udah keburu diambil sama mama. Duh, ngambeknya bisa panjang dan pakai nangis-nangis drama :D

Getting attached to mama
Sejak 4,5 bulan, Amanda mulai menunjukkan tanda-tanda memasuki fase “maunya cuma sama mama”. Didekati orang yang bukan mama (terutama laki-laki) langsung deh mewek. Apalagi kalau orangnya agresif, dateng-dateng langsung mau gendong, bisa-bisa langsung nangis kejer. Sikap ini memang sesuai kata dr. Indah Kartika, Sp.A yang sudah wanti-wanti sejak Amanda usia 4 bulan: bahwa selama beberapa waktu ke depan, kemungkinan dia nggak akan mau sama orang lain selain yang mengasuh setiap hari. Itu bukan hal buruk, bukan pertanda anak kurang gaul atau ibunya gagal dalam “mengadaptasikan” bayi dengan lingkungan, tapi justru tanda bahwa pengelihatannya sudah makin jelas dan anak sudah makin pintar mengenali wajah orang. “Diikuti aja, Bu. Yang tua ngalah dan sabar dulu sama yang bayi, nanti pelan-pelan kan dia mulai berani,” kata bu dokter.

Untungnya, beberapa minggu terakhir ini Amanda sudah mulai mau dan ramah lagi sama orang lain selain mama. Meski harus dengan pendekatan ekstra sabar dan menunggu mood dia baik, tapi kemajuannya sudah bagus banget. Itung-itung latihan sabar buat orang dewasa di sekitarnya, sekaligus mengingatkan kembali bahwa bayi juga manusia, punya perasaan dan nggak bisa dipaksa kalau memang nggak mau sama orang tertentu, sama seperti kita yang sudah dewasa juga.

Teething
Sejak umur 3 bulan sebenarnya Amanda sudah mulai senang masukin benda-benda ke dalam mulut. Semakin ke sini semakin lahap, setiap benda yang lewat atau ada di dekat mulutnya selalu ‘dicicip’, bahkan yang nggak lazim seperti sarung bantal, pegangan stroller, tali tas mama, sampai jok mobil pun berusaha dimakan! Mengatasi hobi barunya ini, aku akhirnya menyediakan beberapa teether dalam berbagai bentuk dan warna. Sejauh ini Amanda sudah punya merk Pigeon (model yang ada pegangan di tengahnya, ini enak dan recommended untuk bayi yang baru belajar menggenggam), Dr. Browns, PlayGro, dan favorit barunya, Sophie The Girrafe.

Belajar berenang
Kalau bayi-bayi lain belajar berenang pertama kali di baby spa pakai neck ring, Amanda langsung nyemplung ke kolam renang umum tanpa pelampung, cuma bermodal gendongan mama :D Awalnya sempat mau nangis karena airnya dingin, tapi lama-lama berani juga dan sudah mulai mau senyum ketika diajak muter-muter kolam. Kedua kalinya dia berenang sudah modal pelampung swim trainer (menahan di bagian dada dengan tali pengaman di bahu) jadi Amanda sudah mulai bisa dilepas dan mengapung sendiri.

Lulus ASIX 6 bulan
Rasanya Amanda bisa dibilang cum laude nih S1-nya karena sejak lahir selalu direct breastfeeding, sama sekali belum pernah menyentuh dot/cup feeder/sendok. Alhamdulillah aku bisa memenuhi tekadku. Orang yang bilang aku terlalu idealis sekarang bungkam semua hehe… Nggak ada lagi yang berani bilang nggak bisa. Asalkan ada tekad dan niat, Allah pasti memberi jalan, apalagi tujuannya untuk kebaikan anak. Goal selanjutnya adalah terus menyusui Amanda sampai usia 2 tahun, semoga diberi kemudahan dan didukung semesta. Aamiin :)

s1-ASIX-amanda-sm

PROBLEM
Di bulan-bulan terakhir ini, problem kesehatan Amanda sudah jauh berkurang. Mungkin karena tubuhnya sudah semakin kuat dan kerja organ-organnya semakin sempurna, ditambah aku yang sudah menemukan cara untuk ‘mencegah’ sehingga nggak perlu ‘mengobati’ dan panik berlebihan.

Kulit sensitif
Setelah proses yang cukup panjang, akhirnya aku sudah menemukan formula yang pas untuk kulit Manda yang sensitif dan ada bakat dermatitis atopik. Kunci utamanya adalah pelembab. Selain agar kulitnya nggak kering dan lebih kenyal, pelembab (terutama di wajah) berfungsi untuk melindungi kulit dari ‘benda asing’ yang berpotensi bikin alergi/ruam seperti sisa air susu, air liur, kotoran/debu kecil yang menempel di permukaan atau di benda apapun yang bersentuhan dengan wajahnya. Pilih pelembab tanpa parfum dan hypoallergenic (Amanda pakai Physiogel untuk tubuh dan Little Pam untuk wajah). Masalah kulit sensitif ini juga memaksaku untuk lebih selektif memilih sabun, sampo, telon, dll untuk Amanda. Dia alergi minyak telon cair sejak kecil, jadi hanya kupakaikan Buds Calming Rub Cream untuk menghangatkan perut. Baru 1,5 bulan belakangan ini aku coba pakai Bebe Roosie Telon Cream dan alhamdulillah nggak ada ruam atau biang keringat.

Batuk pilek
Amanda pertama kali batuk pilek usia 4 bulan, akibat ketularan orang serumah yang sakit semua. Aku sempat bingung karena kasihan banget, sampai susah mimik, sering kebangun tengah malam, dan nangis-nangis karena hidungnya buntu. Awalnya aku masih usaha untuk mengobati sendiri tanpa obat dengan diffuse essential oil (Young Living RC + Thieves + Lavender), oles essential oil Young Living Lemon di telapak kaki untuk menguatkan sistem imun, oles Transpulmin BB di dada dan punggung, pakai tetes hidung Breathy (dengan rekomendasi dokter), penguapan pakai baskom air panas dan minyak kayu putih, dan dijemur setiap pagi. Tapi ternyata… tetap nggak sembuh sampai 3 minggu :( Akhirnya kubawa lagi ke dokter, kebetulan bertemu dokter anak spesialis paru-paru karena dokter langganan Amanda lagi nggak praktek. Dokter tsb bilang bahwa anak yang batuk pilek berkepanjangan (lebih dari 2 minggu) biasanya punya bakat alergi. Alhasil Amanda diberi obat batuk Meptin Syrup dan Ryvel Drops dengan kandungan Cetrizine yang kukenal sebagai obat alergi. Alhamdulillah nggak sampai seminggu kemudian batuk pileknya sembuh total dan tidurnya nyenyak kembali. Untuk menjaga supaya Amanda nggak batuk pilek lagi, aku mengusahakan agar orang rumah, atau paling nggak diriku sendiri supaya tetap sehat jadi nggak menularkan penyakit. Cara paling ampuh: diffuse essential oil 6 tetes RC + 6 tetes Thieves + 1 tetes Lavender sebelum tidur. Yang semalam sudah mulai bersin-bersin, langsung segar kembali :D

AmandaandMama+credit-600x600.jpg

Nah, that’s all from me today. Nanti aku akan kembali dengan cerita seru dari babak drama terbaru versi emak-emak newbie: MPASI. Hihi. Stay strong and fabulous, ibu-ibu!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s